SELAMAT DATANG DI BLOGGERNYA OSIS SMP PGRI 1 BANDUNG

Selasa, 28 Februari 2012

rahasia meningkatkan kepercayaan diri

Berikut ini mungkin beberapa rahasia meningkatkan kepercayaan diri: 


  1. Kenali diri Kamu
Intropeksilah. Kenali kelebihan dan kelemahan Kamu. Coba buat daftar apa saja kelebihan dan kelemehan Kamu. tulis hal-hal yang Kamu sukai dan Kamu hindari. Minta masukan kepada teman, saudara atau siapapun yang mengenal Kamu. Terima setiap pandangan yang mereka berikan. Mungkin Kamu menganggap bahwa mereka tidak benar, namun itulah hal objetif yang harus Kamu terima. Jadikan itu sebagai bahan koreksi Kamu.
Pengenalan diri ini penting. Karena dari sinilah Kamu akan mulai memahami siapa sebenarnya diri Kamu. Saat Kamu memahami diri Kamu. Kamu akan mulai menerima diri Kamu apa adanya. Dan dari sinilah Kamu akan menghargai diri Kamu. Pribadi yang mempunyai kelemahan, tapi juga mempunyai potensi hebat untuk menggapai apa yang Kamu inginkan
2. Kembangkan Potensi kamu
Orang yang tidak percaya diri biasanya merasa tidak mempunyai kemampuan yang diharapkan. Kurang kemampuan ini menjadi kendala untuk menghadapinya. Maka ketika kamu sudah mengenali potensi (kelebihan-kelemahan)kamu, kembangkanlah semaksimal mungkin. Hal ini juga berkaitan dengan kompetensi yang diharapkan. Jika kamu ingin menjadi penulis handal, kamu harus tahu kompetensi apa saja yang dibutuhkan. Hal ini akan mengarahkan kemana Kamu akan mengembangkan potensi yang Kamu miliki.
3. Kondisikan diri Kamu
Hal yang lumrah jika kamu merasa cemas ketika harus melakukan sesuatu yang tidak biasa. Seseorang penyanyi pasti grogi saat harus tampil pertama kali di panggung. Hal ini biasa terjadi pada semua orang. Jadi, fokuslah pada solusinya. Siapkan diri Kamu untuk menghadapinya. Kondisikan diri Kamu.
Pengkondisian ini bisa dilakukan dengan melihat beberapa hal:

  • Cara berpakaian : sesuaikan pakaian yang Kamu kenakan. Tampakan diri kamu sesuai pribadi kamu. Hal ini akan membuat kamu nyaman.
  • Bahasa tubuh : gunakan bahasa tubuh sewajarnya. Tersenyumlah :)
  • Teknik mental : berpikirlah positif. Visualisasikan hasil positif yang ingin kamu capai. Fokuslah pada kelebihan-kelebihan kamu

0 komentar: