SELAMAT DATANG DI BLOGGERNYA OSIS SMP PGRI 1 BANDUNG

Jumat, 02 Maret 2012

cara berbicara tegas dan menjadi seorang pemimpin


Hmmm...pemimpin saat kita menjadi seorang pemimpin maka kita juga harus berani berbicara dia hadapan orang banyak,,
kalo nggak kebiasa pasti tegang,nerves,dan demam panggung,,brikut adalah cara untuk menjadi seorang pemimpin yang baik....

Menjadi Seorang Pemimpin
Wah “kebayang enaknya jadi pemimpin, siapa yang gak mau yah ?” pasti itu yang pertama kali terbersit kalau kita ngebayangin jadi pemimpin. Tapi apa jadi pemimpin itu memang benar enak ? atau penuh dengan perjuangan ?

Sebenarnya jadi pemimpin itu enak banget, tetapi juga gak enak, “nah lo !” Ambil contoh sederhana pengayom bebek. Menjadi seorang penganyom bebek itu kita harus pintar menggiring bebek-bebek kita ke arah yang benar, coba kalau kita lengah sedikit saja’ wah bisa dipastikan bebek itu akan lari kemana-mana, dan ujung-ujungnya penganyom bebek itu yang harus lari kesana sini membawa bebek itu ke arah yang benar.

Demikian juga menjadi seorang pemimpin, kita tuh memang harus punya bakat dan kemampuan memimpin yang benar. Bakat kalau gak ditunjang kemampuan juga gak ada gunanya, kita memang disegani tapi kita gak tahu bagaimana harus mengambil keputusan yang benar, kita bertindak semau kita, nah sulit kan ?

Dengan bakat menjadi pemimpin kita harus terlihat bercahaya dan disegani untuk menjadi seorang pemimpin dan lengkaplah bila ditunjang kemampuan kita dalam memimpin, yang bisa mencakup kemampuan mengarahkan bawahan, kemampuan membuat keputusan, kemampuan mendelegasikan tugas, kemampuan menganalisa, kemampuan mengorganisasi, bagaimana bisa mempercayai bawahan, bagaimana bisa membuat perencanaan yang baik, bagaimana bisa mengontrol emosi dan lebih lengkap lagi bila ditunjang pengalaman.

Sesuai dengan perkembangan yang terjadi dalam suatu organisasi, maka dikatakan juga seorang pemimpin yang baik harus memiliki kemampuan untuk menjadi pemimpin yang bisa membangkitkan partisipatif seluruh staff tetapi juga bila diperlukan bisa mengambil peran untuk mengarahkan staff tersebut. Menjadi seorang pemimpin kita juga harus menjadi panutan, kedisplinan, profesionalisme kerja, bagi semua bawahan kita. Tentunya dengan gaya yang bisa diterima oleh budaya organisasi yang kita jalankan.

Ada organisasi yang akan mencapai targetnya dengan maksimal apabila dipimpin dengan gaya kekeluargaan dan santai, ada juga organisasi yang akan mencapai target apabila dipacu dan dikomando dengan baik, ada pula organisasi yang akan mencapai target bila semua teamnya diberi kepercayaan penuh oleh atasan, dan banyak lagi lainnya.

Wah rumit ya menjadi pemimpin. Tapi kita harus optimis kita akan bisa memimpin dengan baik. Belajar dari pengalaman merupakan suatu pelajaran yang sangat baik untuk lahir menjadi seorang pemimpin yang prima.
http://beranigagal.blogspot.com

nah kalo ini cara berbicara yang tegas...
Kuasai diri anda dengan meningkatkan penguasaan terhadap materi yang akan anda bicarakan. Selanjutnya periksa penampilan fisik anda baik dari segi pakaian, make up dan lain-lain, pastikan anda dalam kondisi sempurna.
Setelah itu kuasai forum, tarik nafas yang santai, pandang audients dengan terbuka, jika anda belum mampu menatap mata audients, maka jangan tatap matanya, anda cukup menebarkan pandangan kearah jidat mereka, selanjutnya sapalah mereka dan mulailah menyampaikan materi, untuk mengurangi kejenuhan, anda bisa menyisipi dengan humor-humor segar.
Selamat mencoba, semoga sukses

0 komentar:

Loading...